Assalaamu’alaikum,,wr wb

Hello readers! Mahasiswa STIAMI yang terkenal pandai dan santun yang lagi ada dimanapun, mungkin kamu akan sedikit terhenyak dengan sedikit info yang admin bagikan kali ini ( buat yg jarang baca, hehe #nooffense) buat nyang sering baca sih pasti udah tahu tentang bahasan yang admin gelontorkan (jiaaah..) kali ini😀

Soda, yea.. minuman ini sangat familiar sekali kan diantara kamu?! Bahkan mungkin kalo diminta ngisi biodata minuman favorit, ada yang dengan bangga mempersembahkan,, eh..salah fokus,hehe.. dengan bangga mengatakan bahwa minuman favoritnya adalah minuman ringan berkarbonasi yang beken disebut soda. Fine, it’s ok sebenarnya selama kamu mengkonsumsinya dalam takaran wajar dan tidak berlebihan, kita pun tahu Allah juga tidak suka yang berlebih-lebihan, ya kan?! nah..itu sebabnya artikel mengenai minuman soda yang secara klinis terbukti berbahaya bagi kesehatan kamu bila dikonsumsi berlebihan. Apa aja sih, bahayanya soda:

1. ASMA . Sodium benzoat yang terkadung dalam minuman bersoda berperan sebagai pengontrol mikroba. Bahan tersebut menurunkan ketersediaan kalium. Reaksinya terhadap orang yang sensitif adalah asma, biduran, dan eksim.

2. GIGI dan TULANG. Gula dan asam dalam minuman berkarbonasi menggerus permukaan gigi. Fosfor yang ada mengikat kalsium dan kalsium pun ikut terbuang bersama urine. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang. Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong.Osteoporosis menjadi ancaman.

3. Jantung. Minuman bersoda menggunakan sirup gula jagung. Pemanis ini mengandung fruktosa yang meningkatkan risiko sindrom metabolik, termasuk jantungan.

4.Melemahkan otot .Dengan mengkonsumsi soda lebih dari 2 liter per hari bisa menyebabkan kadar kalium dalam darah menjadi turun drastis. Jika tubuh kekurangan kalium, efek yang dirasakan adalah tubuh merasa lemah, pusing dan dapat menyebabkan atrofi otot (tak mampu mengangkat beban atau geraknya jadi terbatas).

5. Menyebabkan kegemukan.Akibat kandungan kalori yang bisa mencapai 225 kalori dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Dalam setiap 1,057 liter minuman soda mengandung 225 kalori dan 39 gram gula.

6. Menyebabkan insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan (merupakan efek dari kafein yang dikandung oleh minuman bersoda).

Dengan telah mengetahui berbagai resiko bahaya yang ditimbulkan di atas sebaiknya kita menghindari minum-minuman bersoda secara terus menerus dan memperbanyak mengkonsumsi air putih. (handiniups.csr/STIAMI)

Semoga bermanfaat!

Wassalaamu’alaikum wr.wb

Source :detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s